Skip to main content

CINTA TANAH AIR ITU PENTING



Menggenggam mera putih 

17 Agustus akan segera datang. Jika kalian anak sekolah sudah saya pastikan kalian akan melaksanakan upacara di lapangan. Ternyata sekarang ini upacara di lapangan sudah terlalu mainstream. Bagi kalian pencinta traveling atau seorang petualang yang menyukai tantangan, atau ingin mencoba melakukan hal yang berbeda dari pada biasanya. Melakukan upacara di puncak gunung misalnya. Banyak gunung yang dapat dijadikan pilihan untuk merayakan 17’an, seperti gunung Semeru, Merapi, Merbabu, Rinjani, Gede-Pangrango, Ceremei, Lawu dan banyak yang lainnya.

Berbicara Gunung, maka akan berbicara cinta tanah air. Betapa kamu akan bangga memiliki Indonesia setelah kamu berhasil menginjakkan kaki kamu di puncak gunung. Kamu akan menyaksikan indahnya lukisan Tuhan. Rasa capek dan mengeluh di sepanjang jalan akan terbayarkan setelah menyaksikan alam Indonesia. Mendaki itu memang melelahkan tapi banyak yang kamu dapat ketika kamu mendaki: semangat, pantang menyerah, kerja keras, usaha, teman baru, dan banyak hal positif lainnya. Kamu tidak akan menyesal. Tahun ini saya mendapatkan ajakan untuk upacara di Gunung Lawu di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dengan berat hati, terpaksa saya menolak ajakan tersebut karena saya sedang berada di Kalimantan.

Pilihan lainnya kamu bisa pergi ke Pulau, di mana kamu dapat melakukan snorkling. Hal ini tidak kalah menariknya bukan? Kamu pasti kenal Nadine Candrawinata, mantan Putri Indonesia tersebut kerap kali melakukan upacara di dasar laut. Tujuannya tentu saja banyak, selain hobby, menunjukkan rasa nasionalis, berkampanye untuk menyelamatkan terumbu karang tentu saja masih banyak hal positif lainnya yang di dapatkan. Untuk tempat sendiri, kalian tidak perlu bersusah payah untuk bercita-cita pergi ke Maldives atau Hawaii, apalagi bercita-cita mengibarkan bendera merah putih di sana. Kamu harus bangga menjadi Indonesia, negara kepulauan yang tentunya memiliki 17.508 pulau, baik yang besar maupun yang kecil.

Bagi kalian yang berada di Pulau Jawa tentu tidak asing dengan Karimunjawa bukan? Tempat wisata yang menurut saya sangat menarik, banyak paketan tour yang bisa anda gunakan untuk melakukan upacara di sana. Selain itu masih ada kepulauan Seribu di wilayah Jakarta. Jika kamu cukup banyak uang, silakan pergi ke Bunaken atau Raja Ampat. Namun jika kamu berada di luar pulau yang saya sebutkan, coba cari pulau yang menurut kalian mudah terjangkau dan tentunya punya pesona yang tidak kalah luar biasa.

Saya mendapat ajakan pergi ke Pulau Lemukutan, Bengkayang, Kalimantan Barat. Mungkin banyak yang belum mengetahui tempat ini, menurut beberapa orang yang pernah menginjakkan kakinya di sana, Pulau Lemukutan salah satu tempat pariwisata yang tidak kalah menawan. Terutama keindahan bawah lautnya. Selain Pulau Lemukutan, kamu dapat pergi ke Pulau Randayan atau Pulau Temajo yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Lemukutan. Kalo mau lebih menarik lagi, coba pergi ke Pulau Simping, Singkawang di mana Pulau Simping diklaim sebagai pulai terkecil di dunia dan sudah diakui oleh PBB. Pilihan lainnya yaitu Pulau Sawi yang ada di Ketapang, Kalimantan Barat. Akses ke pulau ini masih sangat sulit dan mahal, maklum yang tinggal di pulau ini saja masih terdiri dari 10 kepala keluarga. Tentunya tempat ini masih sangat alami, atau kamu bisa memilih Pulau Derawan di Kalimantan Utara yang akhir-akhir ini menjadi salah satu primadona pariwisata di Indonesia. Tentunya masih banyak pulau-pulau yang lainnya yang tidak kalah eksotisnya dengan pulau yang saya sebut di atas. Masih belum mau bilang bangga menjadi Indonesia, maka saya akan mengatakan, kamu belum kenal Indonesia.

Selamat menyambut hari kemerdekaan.


“Sudah pakai tanahnya, sudah minum airnya, masa kita gak ada terima kasihnya?” – 5cm.

Comments

Popular posts from this blog

Live On Board: Keindahan Gili Lawa Darat

Live On Board: NTB - Pulau Komodo #Explore Komodo Day 3 Pagi menjelang, kapal yang kami tumpangi memang sudah bersandar di tepi Gili Lawa Darat dari malam. Tentu saja agar bisa tracking pagi-pagi. Pagi ini kami dan rombongan akan pergi pagi-pagi sekali untuk melihat Gili Lawa Darat dari ketinggian. Tentu saja tidak tinggi, tapi cukup buat ngos-ngosan. Jangan lupa bawa minum jika kalian tidak biasa mendaki. Gili Lawa Darat menjadi salah satu pilihan bagi wisatawan yang ingin mengexplore Kepulauan Komodo. AMAZING, itu kata yang tepat untuk menggambarkan keindahan Gili Lawa Darat. Pergi ke Kepulauan Komodo memang pilihan yang tepat untuk menikmati liburan.

BACKPAKER? SIAPA TAKUT!

Desa Todo, Kabupaten Ruteng, NTT. Memutuskan pergi ke suatu destinasi dan menyesuaikannya dengan budget merupakan hal yang susah-susah gampang. Meskipun tidak perlu banyak uang untuk pergi travelling, minimal orang yang mau bepergian harus bisa mencukupi kebutuhannya selama perjalanan. Berdasarkan pengalaman perjalanan saya. Pilihan jatuh pada tanah NTT (Nusa Tenggara Timur). Banyak destinasi yang bisa dikunjungi di wilayah timur Indonesia. Tapi tidak sedikit juga budget yang diperlukan selama perjalanan menuju timur. Apalagi banyak kalangan pejalan tanah air yang bilang bahwa “Liburan di Indonesia jauh lebih mahal dibandingkan liburan ke luar negeri.” Masa iya sih? Terus gimana dong? Danau Tiga Warna, Tamana Nasional Kelimutu. Kalo ditanya butuh banyak uang nggak sih buat jalan-jalan ke NTT? Butuh banget, terkadang banyak biaya tak terduga yang keluar. Kecuali kamu tipe orang yang bisa nahan diri dari godaan wisata kuliner atau belanja oleh-oleh. Uang “banyak” itu udah

Live on Board: Melihat Komodo di Pulau Komodo

Live On Board: NTB - Pulau Komodo #Explore Komodo Day 4 Setelah kami dari Pulau Rinca, maka rute berikutnya yaitu ke Pulau Komodo. Karena saya menggunakan tour travel maka saya sudah tidak perlu membayar untuk tiket masuk. Jika kalian ingin berwisata ke Kepulauan Komodo, sangat saya sarankan mengikuti tour travel. Sekarang ini sudah banyak pilihan untuk tour travel dan harganya pun bervariasi.    Tour travel yang saya gunakan yaitu,   https://www.wanuaadventure.net/ Jika ingin merasakan sailing, saya sangat menyarankan menggunakan jasa mereka. Karena di kapal, kalian bisa bertemu dengan turis mancanegara. Ketika kami pergi, hanya ada 4 orang turis lokal termasuk saya. Jadi jika kalian ingin mencari banyak teman dari berbagai negara maka saya sangat menyarankan kalian untuk menggunakan jasa tour travel ini. Di Pulau Komodo kalian akan diajak untuk treeking, ada 3 jalur pilihan. Jalur panjang, sedang dan pendek. Rombongan kami melalui jalur sedang. Tidak terlalu