Skip to main content

Pulau Simping: Pesona Pulau Terkecil Di Dunia

Kota Amoi begitulah masyarakat menyebut kota Singkawang. Ternyata bukan hanya amoinya yang cantik-cantik, salah satu pulau yang ada di Singkawang ternyata tidak kalah cantiknya. Pulau Simping merupakan salah satu pulau yang memancarkan pesonanya. Terletak di Selatan Kota Singkawang, sekitar 8 km sebelum memasuki Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Jarak tempuh untuk mencapai tempat ini yaitu sekitar kurang lebih 3 jam dari Pontianak dan sekitar 20 menit dari Kota Singkawang, dapat di tempuh dengan bus, serta kendaraan pribadi.

Terik matahari tidak menghalangi perjalanan saya, malah saya semakin bersemangat. Hanya dengan bermodalkan “nekat+niat” serta bermodalkan papan penunjuk arah, saya berhasil menginjakkan kaki di Pulau Simping. Untuk masuk ke Pulau Simping, dapat melalui Sinka Zoo, kebun binatang yang ada di Singkawang. Tetapi wisatawan harus membayar 2 kali, yaitu Rp 50.000/orang. Jika melewati pintu masuk utama, wisatawan hanya membayar Rp 15.000/orang. Tentu saja saya tidak mau menyia-nyiakan uang Rp 35.000, karena uang sebesar itu cukup buat 1 kali makan. Untuk akses ke Pulau Simping pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 1km, melewati satu-satunya jembatan yang tersedia untuk menuju ke sana.

Banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi Pulau Simping, baik anak-anak, remaja maupun orangtua. “Setiap hari Pulau Simping itu ramai, hari libur sama hari biasa sama saja ramainya,” kata seorang ibu penjual rujak yang saya tanya mengenai keramaian di Pulau Simping. “Apalagi sekarang kan lagi libur lebaran,” tambahnya lagi. Masyarakat yang berjualan di kawasan Pulau Simping tentu sangat membantu berkembangnya potensi pariwisata pulau tersebut. Sepanjang kawasan terdapat berbagai macam jenis jajanan yang dijual. Selain itu terdapat beberapa patung besar yang menarik banyak kalangan untuk mengabadikan diri, seperti patung naga, burung elang, penyu, dll.

Beberapa perahu kayuh berlalu lalang mengitari Pulau Simping. Pemandangan yang menarik dari kejauhan. “Pulau yang hanya ada 1 pohon kelapa hanya Pulau Simping,” begitu teman saya menyebutnya. Sebelum masuk ke jembatan kami disambut oleh papan berwarna hijau yang bertuliskan: “Tahukah Anda….?? Pulau Simping adalah pulau terkecil di dunia dan telah di akui dan tercatat di PBB. Mari lestarikan alam kita”. Meskipun Pulau Simping di klaim sebagai pulau terkecil di dunia, tetapi tidak ada bukti yang konkrit bahwa pulau tersebut memang pulau terkecil di dunia. Di sudut pulau terdapat klenteng kecil tempat umat Tionghoa berdoa. Klenteng mini tersebut merupakan satu-satunya bangunan yang ada di Pulau Simping. Meskipun tidak ada pernyataan resmi bahwa Pulau Simping merupakan pulau terkecil di dunia, namun pesona pulau kecil ini berhasil menarik wisatawan untuk berkunjung.


Tempat yang disediakan untuk wisatawan beristirahat


Patung kura-kura yang terdapat di atas batu tersebut sangat sulit dijangkau, bagi mereka yang ingin mengabadikan diri harus rela basah kuyup melewati air 


Air laut berwarna hijau tosca menambah keindahan Pulau Simping


Patung elang merupakan salah satu patung yang ada di Pulau Simping


Papan berwarna hijau yang menyatakan bahwa Pulau Simping adalah pulau terkecil di dunia


Pulau Simping dari kejauhan


Gugusan pulau yang terlihat dari Pulau Simping


Masih ditemukan coretan pada batu di Pulau Simping


Anak-anak bermain sampan, menikmati sore di Pulau Simping


Satu-satunya bangunan yang terdapat di Pulau Simping yaitu klenteng


Sebagian besar pengunjung yang datang yaitu anak remaja yang menghabiskan akhir pekan mereka


Rimbunnya pepohonan di Pulau Simping menggoda banyak orang untuk mengahabiskan waktu di pulau tersebut

Comments

Popular posts from this blog

Live On Board: Keindahan Gili Lawa Darat

Live On Board: NTB - Pulau Komodo #Explore Komodo Day 3 Pagi menjelang, kapal yang kami tumpangi memang sudah bersandar di tepi Gili Lawa Darat dari malam. Tentu saja agar bisa tracking pagi-pagi. Pagi ini kami dan rombongan akan pergi pagi-pagi sekali untuk melihat Gili Lawa Darat dari ketinggian. Tentu saja tidak tinggi, tapi cukup buat ngos-ngosan. Jangan lupa bawa minum jika kalian tidak biasa mendaki. Gili Lawa Darat menjadi salah satu pilihan bagi wisatawan yang ingin mengexplore Kepulauan Komodo. AMAZING, itu kata yang tepat untuk menggambarkan keindahan Gili Lawa Darat. Pergi ke Kepulauan Komodo memang pilihan yang tepat untuk menikmati liburan.

BACKPAKER? SIAPA TAKUT!

Desa Todo, Kabupaten Ruteng, NTT. Memutuskan pergi ke suatu destinasi dan menyesuaikannya dengan budget merupakan hal yang susah-susah gampang. Meskipun tidak perlu banyak uang untuk pergi travelling, minimal orang yang mau bepergian harus bisa mencukupi kebutuhannya selama perjalanan. Berdasarkan pengalaman perjalanan saya. Pilihan jatuh pada tanah NTT (Nusa Tenggara Timur). Banyak destinasi yang bisa dikunjungi di wilayah timur Indonesia. Tapi tidak sedikit juga budget yang diperlukan selama perjalanan menuju timur. Apalagi banyak kalangan pejalan tanah air yang bilang bahwa “Liburan di Indonesia jauh lebih mahal dibandingkan liburan ke luar negeri.” Masa iya sih? Terus gimana dong? Danau Tiga Warna, Tamana Nasional Kelimutu. Kalo ditanya butuh banyak uang nggak sih buat jalan-jalan ke NTT? Butuh banget, terkadang banyak biaya tak terduga yang keluar. Kecuali kamu tipe orang yang bisa nahan diri dari godaan wisata kuliner atau belanja oleh-oleh. Uang “banyak” itu udah

Live on Board: Melihat Komodo di Pulau Komodo

Live On Board: NTB - Pulau Komodo #Explore Komodo Day 4 Setelah kami dari Pulau Rinca, maka rute berikutnya yaitu ke Pulau Komodo. Karena saya menggunakan tour travel maka saya sudah tidak perlu membayar untuk tiket masuk. Jika kalian ingin berwisata ke Kepulauan Komodo, sangat saya sarankan mengikuti tour travel. Sekarang ini sudah banyak pilihan untuk tour travel dan harganya pun bervariasi.    Tour travel yang saya gunakan yaitu,   https://www.wanuaadventure.net/ Jika ingin merasakan sailing, saya sangat menyarankan menggunakan jasa mereka. Karena di kapal, kalian bisa bertemu dengan turis mancanegara. Ketika kami pergi, hanya ada 4 orang turis lokal termasuk saya. Jadi jika kalian ingin mencari banyak teman dari berbagai negara maka saya sangat menyarankan kalian untuk menggunakan jasa tour travel ini. Di Pulau Komodo kalian akan diajak untuk treeking, ada 3 jalur pilihan. Jalur panjang, sedang dan pendek. Rombongan kami melalui jalur sedang. Tidak terlalu