Skip to main content

ULUWATU ALA JOGJA

Jika di Bali ada Uluwatu maka di Jogja ada Pantai Ngobaran. Pergilah ke arah selatan Yogyakarta, tepatnya ke Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul. Barisan pantai cantik berjejer rapi, salah satunya Pantai Ngobaran. Pantai yang bersebelahan dengan Pantai Ngrenehan ini selain memiliki pesona alam yang cantik, tetapi juga kaya pesona budaya. Ngobaran salah satu pantai eksotik yang ada di Gunung Kidul ini menawarkan wisata seperti yang terdapat di Uluwatu, Bali; bukan hanya Pura, masjid yang menghadap ke selatan pun terdapat di sini.

Menghabiskan malam minggu dan bermalam di Ngobaran merupakan pilihan yang baik bagi kamu yang bosan dengan kebisingan kota. Saya memilih untuk bermalam minggu di Ngobaran bersama kawan-kawan, kebetulan sudah lama tidak menikmati aroma air asin dan angin pantai. Menikmati pantai tanpa membakar sesuatu itu seperti ada yang kurang, berbekal ayam dan membeli ikan hasil tangkapan nelayan sekitar menjadi ide yang menarik. Setelah acara bakar-bakar selesai, kami beristirahat dan siap menikmati sunrise cantik dari atas tebing berpura.

Menyaksikan matahari terbit menjadi rutinitas yang menarik ketika sedang bertamu ke alam. Hamparan laut lepas terlihat cantik jika dilihat dari atas tebing. Pura kokoh yang ada tepat di atas tebing ini terlihat anggun dan berhiaskan aroma kamboja putih. Sayang sekali Pura sedang tidak dibuka, sehingga kami tidak dapat melihat bagian dalam Pura. Matahari tidak semenarik biasanya, akhirnya saya memilih untuk menyusuri pantai ketika yang lain memilih untuk kembali ke tenda.

Saya berjalan ke arah gapura, mencari jalan turun untuk melihat hamparan alga (rumput laut) yang berwarna hijau dan coklat. Pagi ini pengunjung yang datang tidak begitu ramai dan air sedang surut sehingga saya leluasa berjalan kemana pun. Hanya ada beberapa keluarga dan anak muda yang sedang mencari binatang laut. Tapi yang tidak bisa lepas dari pandangan yaitu bangunan yang terdapat di atas tebing, ada tempat ibadah untuk empat agama atau kepercayaan berdiri berdekatan.

Selain Pura yang berdiri kokoh di atas tebing, ada pula patung-patung dewa berwarna putih. SETYA-PATUH-NGABEKTI, seperti itu tulisan yang tertera di masing-masing patung yang menghadap ke arah laut. Tempat peribadatan di Ngobaran didirikan tahun 2003 untuk memperingati kehadiran Brawijaya V, yang merupakan salah satu keturunan raja Majapahit. Umat yang beribadat di tempat ini yaitu penganut Kejawan (bukan Kejawen). Selain itu ada Joglo sebagai tempat penganut Kejawen. Terdapat Pura untuk tempat peribadatan umat Hindu. Setiap bulan purnama pada hari raya Nyepi di Pantai Ngobaran di laksanakan upacara Melasti, serta terdapat sebuah masjid yang menghadap ke selatan, Masjid tersebut berukuran kurang lebih 3x4 meter. Bangunan lantai Masjid berupa pasir. Uniknya, tempat imam memimpin doa langsung terbuka dan dapat melihat lautan lepas. Barangkali ini lah gambaran multikultaralisme di Indonesia. Bagaimana? Tertarik berkunjung ke Pantai Ngobaran yang merupakan Uluwatu nya Bali? Silakan datang, karena untuk masuk wisatawan hanya perlu membayar parkir.
  
Uluwatu ala Jogja

Camping ceria bersama mereka itu luar biasa

Nunggu sunrise muncul dari atas tebing ini, siapkan kameramu

Spot paling indah untuk menyaksikan hempasan air laut 

Menyapa pagi, menyapa alam, rutinitas yang menyenangkan


Gapura untuk menuju patung dewa berwarna putih dan tangga turun melihat alga

Jika beruntung kita akan punya kesempatan melihat hamparan hijau seperti ini

Air laut sedang surut
Masjid unik berlantai pasir dan menghadap ke arah selatan

Mencari binatang laut di hamparan alga

Menikmati kelapa muda barangkali menjadi pilihan yang baik ketika berada di sini

Pura tempat umat Hindu berdoa, wisatawan dilarang masuk hingga ke dalam

Tidak punya kesempatan untuk mengelilingi Pura mungil ini


SETYA-PATUH-NGABEKTI

Jalan menuju gapura
Mengintip Uluwatu ala Jogja dari balik tebing

Comments

Popular posts from this blog

Live On Board: Keindahan Gili Lawa Darat

Live On Board: NTB - Pulau Komodo #Explore Komodo Day 3 Pagi menjelang, kapal yang kami tumpangi memang sudah bersandar di tepi Gili Lawa Darat dari malam. Tentu saja agar bisa tracking pagi-pagi. Pagi ini kami dan rombongan akan pergi pagi-pagi sekali untuk melihat Gili Lawa Darat dari ketinggian. Tentu saja tidak tinggi, tapi cukup buat ngos-ngosan. Jangan lupa bawa minum jika kalian tidak biasa mendaki. Gili Lawa Darat menjadi salah satu pilihan bagi wisatawan yang ingin mengexplore Kepulauan Komodo. AMAZING, itu kata yang tepat untuk menggambarkan keindahan Gili Lawa Darat. Pergi ke Kepulauan Komodo memang pilihan yang tepat untuk menikmati liburan.

BACKPAKER? SIAPA TAKUT!

Desa Todo, Kabupaten Ruteng, NTT. Memutuskan pergi ke suatu destinasi dan menyesuaikannya dengan budget merupakan hal yang susah-susah gampang. Meskipun tidak perlu banyak uang untuk pergi travelling, minimal orang yang mau bepergian harus bisa mencukupi kebutuhannya selama perjalanan. Berdasarkan pengalaman perjalanan saya. Pilihan jatuh pada tanah NTT (Nusa Tenggara Timur). Banyak destinasi yang bisa dikunjungi di wilayah timur Indonesia. Tapi tidak sedikit juga budget yang diperlukan selama perjalanan menuju timur. Apalagi banyak kalangan pejalan tanah air yang bilang bahwa “Liburan di Indonesia jauh lebih mahal dibandingkan liburan ke luar negeri.” Masa iya sih? Terus gimana dong? Danau Tiga Warna, Tamana Nasional Kelimutu. Kalo ditanya butuh banyak uang nggak sih buat jalan-jalan ke NTT? Butuh banget, terkadang banyak biaya tak terduga yang keluar. Kecuali kamu tipe orang yang bisa nahan diri dari godaan wisata kuliner atau belanja oleh-oleh. Uang “banyak” itu udah

Live on Board: Melihat Komodo di Pulau Komodo

Live On Board: NTB - Pulau Komodo #Explore Komodo Day 4 Setelah kami dari Pulau Rinca, maka rute berikutnya yaitu ke Pulau Komodo. Karena saya menggunakan tour travel maka saya sudah tidak perlu membayar untuk tiket masuk. Jika kalian ingin berwisata ke Kepulauan Komodo, sangat saya sarankan mengikuti tour travel. Sekarang ini sudah banyak pilihan untuk tour travel dan harganya pun bervariasi.    Tour travel yang saya gunakan yaitu,   https://www.wanuaadventure.net/ Jika ingin merasakan sailing, saya sangat menyarankan menggunakan jasa mereka. Karena di kapal, kalian bisa bertemu dengan turis mancanegara. Ketika kami pergi, hanya ada 4 orang turis lokal termasuk saya. Jadi jika kalian ingin mencari banyak teman dari berbagai negara maka saya sangat menyarankan kalian untuk menggunakan jasa tour travel ini. Di Pulau Komodo kalian akan diajak untuk treeking, ada 3 jalur pilihan. Jalur panjang, sedang dan pendek. Rombongan kami melalui jalur sedang. Tidak terlalu